Pengertian dan Cara Menggunakan Google Ads 9 Adword

Cloudpm.id – Google Adwords adalah fitur berasal dari Google untuk menampilkan paid search atau iklan berbayar di hasil pencarian Google. Dengan menggunakan Google Adwords, Kamu dapat menampilkan iklan Kamu di hasil pencarian Google untuk kata kunci khusus yang relevan dengan usaha Kamu. Namun kebanyakan masih tidak tahu bagaimana cara menggunakan google Ads 9 adword.

Sebelum menjelaskan berkaitan cara menggunakan google Ads 9 adword, ada satu info penting yang harus Kamu ketahui. Semenjak 24 Juli 2018, Google mengubah sebutan sistem iklan mereka dari Google Adwords jadi Google Ads. Tetapi tenang saja, secara garis besar cara menggunakan Google Adwords dan Google Ads sama.

Pengertian dan Cara Menggunakan Google Adwords

Cara Menggunakan Google Adwords

1. Buka Google Ads

Sebelum menggunakannya, kamu harus login, jika tidak memiliki akun silahkan mendaftar terlebih dahulu

2. Buat akun Google

Kamu bisa menggunakan akun Google pribadi Kamu. Tapi, jika Kamu tidak ingin kotak masuk email Kamu penuh dengan email dari Google Ads, Kamu bisa membuat akun Google baru khusus untuk kebutuhan Google Adwords.

3. Pilih Goal

Sesudah login ke Adwords, Kamu akan diminta untuk memilih goal  dari iklan Kamu. Ada tiga pilihan goal yang disediakan Adwords dan pilih salah satu yang paling cocok dengan usaha Kamu.

cara menggunakan google adwords goal

Goal pertama adalah menghubungi Kamu lewat telephone. Jika Kamu menjalankan usaha yang kebanyakan transaksinya dilaksanakan via telpon, pilihlah goal pertama. 

cara mengenakan google adwords goal 2

Goal kedua adalah mengunjungi toko fisik. Apabila Kamu mengelola toko fisik seperti restoran, kafe, tempat tinggal makan, atau jenis bisnis lain yang menuntut pelanggan untuk langsung mengunjungi toko, Kamu bisa memilih goal kedua.

cara menggunakan google adwords goal 3

Goal paling akhir adalah mengunjungi web site. Jika transaksi bisnis Kamu kebanyakan dijalankan lewat situs, sebaiknya pilih goal ketiga. Pelanggan dapat langsung mengunjungi web Kamu.

4. Pilih Jangkauan Lokasi

Selanjutnya pilih jangkauan lokasi yang Kamu targetkan. Kamu bebas memilih jangkauan lokasi, baik di Indonesia maupun luar negeri. 

5. Pilih Kategori

Pilih kategori usaha yang Kamu kelola untuk memudahkan Google untuk menentukan sasaran audience iklan Kamu.

6. Buat Copy Iklan

Membuat copy iklan untuk paid search tidak dapat dilaksanakan sembarangan. Google membatasi ciri-ciri untuk copy iklan Kamu. Untuk headline iklan Kamu bisa menulis hingga 30 pembawaan. Sedangkan untuk isi iklan Kamu dapat menulis hingga 80 ciri-ciri.

Dengan ciri-ciri terbatas, Kamu dituntut untuk membuat iklan yang singkat, padat, tahu, dan pasti menarik. Buatlah materi iklan yang memuat instruksi info apa yang wajib dikerjakan calon pelanggan ketika melihatnya.

7. Masukkan Foto (Opsional)

Pilih foto paling baik yang menggambarkan usaha dan promo yang tengah Kamu lakukan. Pilihan foto ini opsional.

8. Tentukan Budget

Jangan khawatir soal budget ketika menggunakan Google Adwords. Google menerapkan PPC atau Pay Per Click. Jika iklan Kamu tidak diklik, tidak harus membayar. Jadi Kamu hanya wajib membayar ketika iklan diklik oleh sasaran audience Kamu. 

Dengan cara ini Kamu bisa menghemat biaya iklan. Kamu juga bebas menetapkan perkiraan biaya. Jika ini adalah kali pertama Kamu memakai Google Adwords, sebaiknya pilih perkiraan biaya terkecil. 

Sesudah tersebut penilaian performa iklan Google Adwords pertama Kamu. Apabila performa iklan Kamu menyatakan hasil yang lumayan baik, Kamu dapat menambah biaya secara bertahap untuk menjangkau lebih banyak konsumen.

9. Pilih Metode Pembayaran

Metode pembayaran yang disediakan Google sangat beragam. Kamu bisa membayar menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Menjadi walaupun Kamu tidak memiliki kartu kredit, Kamu terus dapat memanfaatkan layanan Google Adwords.

Itulah penjelasan sedikit cara menggunakan google adwords. Selama ini, google adwords sudah banyak membantu keberlangsungan usaha. Maka tak heran jika banyak yang ingin belajar cara menggunakannya. Dan semoga info ini membantu ya!

Untuk meningkatkan kualitas website mu tidak cukup hanya menggunakan Ads saja, kamu harus memakai Backlink Profesional agar Pengunjung lebih percaya dan mendatangkan banyak konsumen. Pesan jasa Backlink Profesional disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.