Mengenal Cloud Computing Sekaligus Fungsinya

Cloudpm.id – Internet mempermudah banyak hal, dan sekarang ini sudah berbagai macam teknologi atau fitur diciptakan agar masyarakat lebih mudah lagi dalam penyimpanan data-data dan sebagainya. Salah satu yang mungkin sering Anda dengar tak lain adalah cloud computing, terutama jika Anda sehari-harinya bekerja menggunakan internet.

Cloud computing sudah pasti memiliki fungsi yang sebaiknya Anda pahami. Karena dengan memahami fungsi dan pengertiannya, maka Anda bisa memakai fitur ini dengan benar. Akan ada sedikit penjelasan di bawah ini mengenai cloud computing atau komputasi awan yang bisa Anda pahami agar tidak kebingungan lagi.

Apa yang Dimaksud dengan Cloud Computing?

Cloud computing bisa juga disebut sebagai komputasi berbasis internet, di mana konsep ini diciptakan supaya Anda bisa mengolah, menyimpan dan mengakses data-data yang Anda punya dengan lebih mudah.

Komputasi awan sudah pasti memakai jaringan internet untuk membukanya, jadi jika tidak ada jaringan internet maka Anda akan kesusahan untuk mengakses data.

Bagi para pekerja yang sekarang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan komputasi awan sangatlah penting. Karena mereka bisa mengakses data yang disimpan dari manapun, mengingat akses internet sekarang sudah tersebar luas.

Jika Anda bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan cloud computing, maka contoh yang bisa diambil ialah layanan penyimpanan data seperti Google Drive, atau layanan pengolah kata seperti Google Dokumen dan lain sebagainya.

Apa Saja Fungsi Cloud Computing?

Selain untuk mempermudah pengaksesan data, ada beberapa fungsi lainnya lagi yang bisa Anda dapatkan dari adanya komputasi awan ini. Apabila Anda baru terjun dalam pekerjaan dengan basis internet, maka harus tahu fungsi lain tersebut. Apa saja kiranya?

Menjadi Lebih Mudah Saat Berkolaborasi dengan Rekan

Di zaman sekarang ini melakukan presentasi akan jauh lebih mudah dengan adanya komputasi awan. Karena data-data yang tersimpan bisa Anda bagikan ke rekan kerja atau teman. Sehingga Anda tidak perlu melakukan pengiriman secara manual berulang kali ke perangkat teman atau rekan Anda.

Cukup berikan akses online ke data yang dimaksud dan teman atau rekan Anda bisa melakukan perubahan atau penyesuaian jika diperlukan. Nantinya data yang sudah disesuaikan akan tersimpan secara otomatis dan bisa Anda pelajari meskipun dari jarak jauh.

Membuat Data Lebih Aman

Data yang tersimpan dalam layanan komputasi awan akan tersimpan dengan baik dan terhindar dari berbagai macam kerusakan. Bahkan jika tidak yakin Anda bisa meng-copy jadi dua dan melakukan back up untuk sekedar berjaga-jaga saja.

Keamanan data menjadi hal utama yang diperhatikan saat menggunakan layanan ini. Jadi, Anda tak perlu cemas karena data Anda sudah terjamin sebelumnya.

Permudah Dalam Skalabilitas

Penyimpanan yang besar selalu dibutuhkan oleh setiap orang, karena mereka mempunyai banyak data yang harus dijaga. Saat memakai komputasi awan, Anda hanya perlu memilih layanan paket yang lebih tinggi supaya kapasitas penyimpanan bertambah lagi. Ini jauh lebih praktis dari teknologi sebelumnya.

Intinya, menggunakan cloud computing memang jauh lebih mudah dan aman, sehingga Anda tak perlu cemas memikirkan tentang data yang tersimpan. Bahkan layanan ini selalu diperbarui secara otomatis agar Anda mendapatkan pengalaman yang lebih baik lagi saat memakainya.

Sekarang Anda sudah paham, bukan, tentang layanan cloud computing ini. Selain mengenal tentang pengertian dan fungsinya, ada banyak pula jenis komputasi awan software-as-a-service, platform-as-a-service dan lain sebagainya. Semua mempunyai kelebihan dan fungsinya masing-masing.

Jika ingin mencoba, atau mencari cloud dengan harga murah, bisa kalian cari disini

Leave a Reply

Your email address will not be published.