Cara Menggunakan Google Trends Unutk Meningkatkan Visitor

Cloudpm.id – Memiliki situs dengan banyak pengunjung pasti menjadi tujuan para blogger, apalagi jika berhubungan dengan Adsense. Sayangnya untuk mendapatkan pengunjung yang banyak tidak mudah. Sering kali setelah membuat banyak konten ternyata pengunjung web tidak kunjung naik juga. Hal ini kemungkinan saja karena salah menentukan topik atau keyword (Kata kunci). Untuk itu ada beberapa cara menggunakan Google Trends yang bisa Anda lakukan untuk menaikan jumlah pengunjung.

Pada artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara menggunakan Google Trends dan apa saja info yang bisa Kamu dapatkan lewat Google Trends. Yuk simak dengan seksama berikut ini ulasannya semoga bermanfaat.

Cara Menggunakan Google Trends dengan Mudah

1. Cara Mengakses Google Trends Menggunakan akun Google

Jika Kamu sudah memiliki akun Google, Kamu tinggal terhubung halaman Google Trends. Di bagian awal ini, Kamu akan melihat tampilan contoh peta hasil pencarian berdasarkan kata kunci eksklusif. Di bagian bawahnya, Kamu akan melihat kata kunci yang mengalami peningkatan.

Di halaman yang sama, Kamu juga dapat melihat tombol untuk menyaring topik berdasarkan negara, waktu, kategori, dan model penelusuran; website search, news search, Google shopping, Youtube search. Kamu bisa mendapatkan kabar perihal keyword yang paling populer dicari setiap harinya.

2. Cara Mencari Keywords di Google Trends

Kamu sudah memahami beberapa kegunaan dasar Google Trends. Untuk mencari keyword apa saja yang berhubungan dengan topik yang Kamu cari, Kamu bisa menuliskannya ke di dalam kolom ‘Enter a Search Term or a Topic’ atau ‘Add a Search Term’. Misalnya, ketika saya mengetikkan keyword “Cloud”, Google Trends akan memunculkan kabar yang cukup lengkap berkenaan intensitas pengguna Google Search menggunakan kata “Cloud”.

Pada tabel pertama akan terlihat grafik tren pengguna mencari menggunakan kata “Cloud” selama satu tahun paling akhir. Grafik menggunakan data berdasarkan negara disesuaikan dengan lokasi Kamu saat itu. Tapi Kamu dapat menyesuaikan lingkup pengambilan data disesuaikan dengan yang Kamu butuhkan.

Angka yang ditunjukkan oleh Google search (0-100) bukanlah jumlah pengguna yang melakukan pencarian menggunakan keyword itu. Itu adalah angka estimasi pengguna yang melakukan pencarian dengan menggunakan keyword “Cloud”.

Setelah grafik, di bagian bawahnya Kamu dapat melihat pembagian ketertarikan pengguna mencari menggunakan keyword “Cloud” berdasarkan daerahnya. Google Trends dapat menyediakan tampilan yang simple dan mudah dipahami dengan menggunakan peta negara.

Warna biru perlihatkan hasil pencarian banyak dikerjakan di tempat tersebut sedangkan warna biru muda menyatakan tempat yang lebih sedikit. Bisa jadi tempat yang tidak berwarna ada yang melakukan pencarian, tetapi karena hanya sedikit maka tidak berikan warna oleh Google Trends.

Bagian paling bawah menurut saya adalah bagian yang paling banyak memberikan info untuk Kamu mengembangkan topik. Di bagian ini Kamu dapat menemukan topik dan query (Saran kata kunci) yang mengenai dengan “Cloud”.

Pada contoh di bawah ini, ketika berbicara tentang cloud, mungkin besar akan berhubungan dengan “Website hosting”, “Cara hosting”, “Domain”, “Domain hosting”, dan lain sebagainya. Lewat kabar ini, Kamu dapat mengembangkannya menjadi ide-ide konten yang menarik.

Hasil saran yang Kamu dapatkan terkadang masih cukup luas. Jadi yang perlu Kamu lakukan adalah dengan lebih menspesifikan keyword yang ingin Kamu analisis –paling tidak menggunakan dua hingga dengan empat kata.

Untuk cara paling instan meningkatkan seo, bisa kalian cari jasanya disini

Nah, itulah beberapa ulasan penting yang membahas tentang cara menggunakan Google Trends dengan ulasan diatas semoga bermanfaat untuk Anda sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.