Cara Cek Plagiarisme Paling Populer Dan Mudah Digunakan

Cloudpm.id – Tak sekedar dosen, mahasiswa pun membutuhkan pengecekan pada hasil karya tulisannya sendiri apakah benar asli atau punya kandungan plagiarisme. Karena sungguh memalukan ketika karya tulis ilmiah dari kalangan akademisi terdeteksi plagiarisme. Sehingga dibutuhkan cara untuk mengecek hasil tulisan sendiri apakah memiliki kandungan plagiarisme atau bukan. Dan berikut adalah cara mengecek plagiarisme.

Cara Cek Plagiarisme Paling Populer

1. Smallseotools

Aplikasi ini sering digunakan oleh para blogger untuk tahu taraf plagiarisme di dalam sebuah karya tulis. Aplikasi Smallseotools ini masih bisa digunakan di dalam bentuk web dan belum dibuat versi desktop maupun mobile. 

Aplikasi ini juga kerap digunakan oleh para blogger karena kemudahannya dan tentunya juga gratis dengan fitur yang cukup lengkap. Berikut cara menggunakannya:

  • Kunjungi situs Smallseotools
  • Lalu, pilih bagian plagiarisme checker
  • Nanti akan muncul halaman untuk mengecek taraf plagiarism. Batas kata yang dapat dimasukkan di dalam kotak ceknya adalah 1000 kata. Jika memiliki jumlah tulisan lebih dari 1000, maka wajib dimasukkan bertahap.
  • Copy dan paste karya tulis ke didalam kotak cek yang telah disediakan atau cara yang kedua yakni import karya tulisan yang didalam bentuk word.
  • Sesudah itu, klik “Check Plagiarisme”

Nanti muncul indikator warna berapa persen taraf plagiatnya. Kecuali warna hijau, berarti tulisan itu bebas plagiat. Sedangkan jika muncul warna merah, pertkamu tulisan tersebut punya kandungan plagiat. Pada aplikasi ini, akan ditunjukan tulisan mana yang punya kandungan plagiat dan jikalau meng-klik tulisan tersebut, akan diarahkan langsung pada sumber plagiat.

Ada Promo Backlink nih Buat kamu, Yuk cek disini

2. Copyscape

Aplikasi ini juga merupakan aplikasi didalam bentuk web site yang bisa kita gunakan sebagai aplikasi untuk cek plagiarisme. Tidak cuman keunggulannya di dalam mendeteksi plagiat terhadap tulisan, Copyscape juga bisa digunakan sebagai alat mendeteksi web site yang terindikasi plagiat. 

Cuman saja, untuk bisa menikmati fitur tersebut wajib menggunakan versi berbayar, sedangkan untuk versi gratis hanya bisa memakai fitur cek plagiarisme karya tulis. Berikut cara menggunakannya:

Kalau kamu mempunyai tulisan yang dimuat di suatu web, copy alamat websitenya dan paste terhadap kotak “Search” yang tersedia. Lalu klik “Go”. Lantas muncul halaman yang memuat link mana saja yang jadi sumber plagiatnya. Jikalau kamu ingin fitur yang lebih kompleks, mampu mengenakan versi premiumnya.

3. Plagscan

Hampir mirip dengan website-website untuk cek plagiarisme lainnya, website ini juga digunakan untuk mengecek taraf plagiat suatu karya tulis di internet. Dan begini cara menggunakannya:

  • Buka web site Plagscan
  • Sesudah itu Kamu harus membuat akun terlebih dahulu
  • Lantas kamu akan diarahkan pada halaman yang nantinya digunakan untuk mengecek karya tulis.
  • Cara mengeceknya dibagi jadi tiga bagian. Pertama, import arsip. Kedua, copy-paste dan yang ketiga dari link situs. Pilih salah satu dari ketiga cara itu.
  • Sehabis tersebut klik “Check” dan platform akan memproses tulisannya.
  • Lantas akan muncul hasil laporannya klik “Report”. Di sana ditunjukkan tulisan mana saja yang terindikasi plagiat atau tidak. Jikalau tulisan berwarna merah, maka tulisan itu adalah plagiat. Jikalau diklik tulisan itu, maka akan diarahkan ke link web site asal plagiat.

Tapi untuk versi gratisnya hanya punya keterbatasan kredit sebanyak 20 kredit. Kalau kreditnya habis, maka perlu memakai versi premium untuk dapat mengguanak fitunya.

Mau websitemu Tambah Dikenal Si Mbah Google? Disini Solusinya

4. Unicheck

Merupakan aplikasi yang lumayan banyak digunakan, terutama pada akademisi, penulis, dosen, lebih-lebih hingga editor. Keunggulan aplikasi ini terletak pada sisi detail pengecekan kata-katanya. 

Aplikasi ini mampu melacak sumber di internet sampai mencapai 16 miliar halaman. Sekedar saja untuk versi gratisya pengguna bisa memakai aplikasi ini selama 14 hari saja. Tidak cuman tersebut jumlah kata yang bisa dicek pada aplikasi ini sebanyak 275 kata.

Itulah beberapa cara untuk mengecek plagiarism. Semoga informasi ini dapat membantu khsusnya bagi kaum mahasiswa yang sedang menghadapi skirpsi. Dan tidak perlu bingung bagaimana caranya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.