Mysql

Cara Buat Database di MySQL Dengan Mudah, Ikuti Cara Berikut!

Cloudpm.id – Ketika membangun suatu website, tak banyak orang memilih untuk membuat database di localhost/phpmyadmin. Nantinya, baru diupload ke hosting supaya bisa diakses online. Untuk melakukan itu semua Anda pasti membutuhkan cara membuat database di MySQL.

Lalu bagaimana cara membuat database di MySQL ? Tenang, artikel kali ini akan membahas cara membuat database di localhost/phpmyadmin dengan perlindungan Xampp. Yuk, ikuti penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Bingung Buat Database di MySQL? Ikuti Cara Berikut!

Untuk membuat database di http localhost phpmyadmin, Kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

1. Unduhan dan Instalasi XAMPP

Untuk membuat database di localhost/phpmyadmin, Kamu harus menginstall XAMPP terlebih dulu. Silakan unduh XAMPP lewat situs resminya. Pilih installer disesuaikan dengan system operasi yang Kamu gunakan, lalu klik tombol Unduhan. Jika Kamu menggunakan Windows seperti tips ini, lokasi instalasi akan ada di direktori C:\Xampp.

2. Menjalankan XAMPP

Jika XAMPP telah terinstall, bukalah aplikasi itu. Kamu akan melihat lima module yang terinstall, yaitu: Apache, Mysql, Filezilla, Mercury dan Tomcat. Biasanya, untuk membuat suatu web site, Kamu hanya menjalankan dua module saja, Apache sebagai website server dan Mysql untuk database.

Promo Vps Hosting Murah

3. Terhubung localhost/phpmyadmin

Kamu bisa terhubung phpmyadmin dengan dua cara. Pertama, lewat dashboard localhost. Caranya, ketik localhost pada kolom pencarian browser, lalu tekan Enter. Lantas, pilih phpmyadmin.

4. Membawa dampak Database di phpmyadmin

Pada bagian kiri localhost/phpmyadmin, silahkan klik New untuk membuat database baru. Masukkan kata database pada kolom yang ada. Pada tutorial ini, kita memakai database baru sebagai nama database yang akan dibuat. Jika sudah diberi nama, klik Create.

memasukkan julukan database baru

Nantinya, database baru yang Kamu buat akan tampil di bagian kiri halaman phpmyadmin. Sekarang, Kamu sudah bisa memberi tambahan tabel sebagai tempat penyimpanan informasi pada database baru.

5. Membawa efek Tabel pada Database localhost/phpmyadmin

Kali ini, mari membuat tabel dengan empat kolom untuk informasi pengguna dengan nama tabel users.  Lalu, klik tombol Go.

membuat tabel pada database baru

Di bagian ini, Kamu harus memasukkan nama kolom dan model datanya. Untuk tabel users, kita membuat kolom id, name, email, dan address. Kalau telah terisi, klik tombol Save.

menambagkan atribut pada tabel database

Sekarang, Kamu sudah punya database dengan tabel users yang siap dipakai dan dihubungkan dengan situs Kamu. berhasil membuat tabel di database localhost/phpmyadmin

6. Menjalankan Situs bersama dengan XAMPP

Untuk menjalankan situs dengan Xampp, Kamu harus menempatkan proyek web site Kamu di dalam direktori C:\Xampp\Htdocs. Jika ditempatkan di luar folder htdocs, proyek web site Kamu tidak akan bisa diakses di localhost.

Misalnya, Kamu punya proyek web yang disimpan di dalam folder web_baru. Maka folder web_baru perlu ditempatkan di didalam folder htdocs. Dengan begitu, Kamu dapat menjalankan proyek web dengan terhubung localhost/situs_baru pada situs browser.

7. Menghubungkan Web bersama dengan Database

Caranya menghubungkan web dengan database adalah, buatlah script php dengan sebutan koneksi.php, config.php, database.php atau nama lainnya pada proyek website Kamu. Sesudah itu, salinlah kode berikut ini:

<?php

$server = “localhost”;

$user = “root”;

$pass = “”;

$database = “database_baru”;

$conn = mysqli_connect($server, $user, $pass, $database);

if (!$conn) {

    die(“<script>alert(‘Gagal tersambung dengan database.’)</script>”);

}

?>

Dapatkan Hosting Paling Murah DI Indonesia Disini

Pada bagian server, tuliskan localhost. Sesudah itu, masukkan root sebagai user. Sedangkan untuk password, kosongkan saja. Jangan lupa tulis nama database yang Kamu buat pada baris kode $Database. Simpan script PHP itu. Coba lakukan pengecekan. Seharusnya web Kamu sudah bisa dibuka dengan database di phpmyadmin.

Itulah sedikit penjelsasan terkait cara membuat database di Mysql. Jangan bingung ketika masih baru belajar. Dengan step by step, semoga perjalananmu membuat database berhasil. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.